Inspiration

Pilihan yang Anda Buat

Pilihan yang Anda Buat

Saya memiliki seorang teman yang mengaku bosan dengan apa yang dia jalani sekarang ini. Sudah sering dia berganti pekerjaan, namun tidak juga nasibnya berubah. Posisinya sekarang sebenarnya sudah bagus. Dia adalah seorang Accounting Manager perusahaan skala sedang. Dia merasa nasibnya tidak berubah dan selalu memperoleh pekerjaan yang membosankan.

Saya pun terdiam mendengar keluhannya. Padahal semasa kuliah dulu, dia cukup cerdas dan memiliki nilai-nilai yang bagus. Tetapi itulah kehidupan, kadang kita tidak menyadari sudah terjebak dengan ritme yang selama ini kita jalani.

Saya tanyakan pada teman saya itu, apa yang membutnya bosan.

“Aku bosan kerja di bagian accounting,” jawabnya

Saya tanyakan lagi, “Walau kamu pindah kerja, kamu melamar sebagai apa?”

“Accounting Manager,” jawabnya cepat.

Saya tanyakan lagi apakah dia selalu melamar di bagian accounting.

“Ya! Aku kan orang ekonomi dan ketika kuliah mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Sudah lama ker5ja di bagian accounting. Mau melamar pekerjaan apa lagi?”

Sejenak aku tertawa mendengar jawabannya. Dia bilang bosan bekerja di bagian accounting, namun di sisi lain dia selalu melamar di bagian itu setiap pindah kerja. Bukankah itu sudah menjadi pilihannya? Apa yang salah?

Yang salah adalah pilihannya.

Banyak hal yang membuat Anda gagal adalah pilihan Anda sendiri. Anda memilih karena Anda berpikir tidak ada pilihan lain yang lebih baik dari itu. Banyak duiantara kita yang tidak memperbaiki kualitas hidupnya karena selalu “mengetuk pintu” yang sama dan memilih masuk pintu yang sama.

Banyak hal yang membuat Anda gagal sebenarnya hanya kebiasaan lama Anda, yang tidak pernah Anda manage. Anda berpikir itu hal yang tetap atau permanen, padahal tidak sama sekali. Manusia itu berubah dan bisa berubah.

Butuh usaha khusus untuk berani mengambil pilihan yang lebih baik. Sekali Anda mengarah pada pilihan yang benar maka pilihan-pilihan terbaik akan muncul menjemput Anda.

Ya, butuh waktu dan usaha serta komitmen untuk mengalahkan kebiasaan buruk. Begitu Anda melakukannya akan berpikir, maka Adna akan merasakannya seperti biasa. Anda akan baik-baik saja.

Berpikirlah tentang siapa Anda sebenarnya, dan apa yang benar-benar Anda ingin kerjakan dalam hidup Anda. tetapkan yang terbaik tentang siapa diri Anda dan apa yang bisa Anda capai. Tuntunlah pilihan Anda setiap Anda membuat pilihan.

Kehidupan ini bisa menjadi hampa, frustasi, dan susah atau sebaliknya bisa menjadi menyenangkan, mudah, dan penuh makna. Pilihan yang Anda tetapkan bisa menjadi apa yang Anda inginkan.

Anda saat ini adalah hasil dari pilihan-pilihan Anda sejak kecil hingga sekarang. Bukankah Anda membaca artikel ini juga karena pilihan Anda? Lihatlah sekeliling Anda! Baju, sepatu, mobil, rumah, pasangan, tempat tinggal, pekerjaan dan kesuksesan Anda. BUKANKAH ITU HASIL DARI PILIHAN ANDA?

Jika Anda belum merasa puas, maka sekaranglah saatnya menentukan pilihan yang benar. Sekaranglah saatnya Anda berubah. Beranikah diri Anda untuk memilih keputusan yang benar, serta buat keputusan yang mengarah kepada kesuksesan. Anda akan terus atau berhenti membaca artikel ini juga merupakan pilihan. Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk berubah atau bermalasan, itu juga pilihan Anda. Kesuksesan telah menunggu Anda di ujung jalan, bila Anda tepat dalam menentukan pilihan dan langkah Anda.

Semua tergantung pilihan Anda!

 

“Kehidupan Anda sekarang ini adalah hasil kumulatif dari pilihan-pilihan yanga Anda buat.”

 

-BASUKI RANTO-

Sumber : “99 Jalan Menuju Kesuksesan yang Spektakuler” (Hari Subagya).

Leave a Comment