Marketing

Apa itu Marketing?

apa itu marketing

Ketika Anda mempertimbangkan pilihan karir besar yang terbuka untuk Anda, Anda mungkin akan bertanya pada diri Anda sendiri, “Apa itu marketing?” Ketahuilah, Anda bukan orang pertama yang bertanya apa itu marketing. Marketing adalah konsep abstrak yang telah didefinisikan dengan cara yang berbeda oleh orang yang berbeda. Pada artikel ini, Desain Web akan memberikan beberapa definisi marketing dan diharapkan membuat setidaknya lebih banyak pengetahuan untuk Anda.

Dalam usaha kita untuk mendefinisikan apa itu marketing, mari kita mulai dengan kamus. Jika Anda mencari definisi marketing dalam Kamus Oxford, inilah yang akan Anda temukan:

“Marketing adalah tindakan atau bisnis untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan.”

Kedengarannya sederhana, bukan? Namun, itu tidak sesederhana seperti yang Anda bayangkan. Di AS Anda perlu memahami bahwa marketing lebih dari sekedar mempromosikan dan menjual. Anda pasti mengetahui AS memiliki sejarah menghasilkan master marketing seperti Steve Jobs, Thomas Edison dan Henry Ford. Anda yang baru belajar marketing harus mencari pemimpin industri semacam itu untuk mendapatkan inspirasi..

Definisi marketing yang lebih akurat dan komprehensif adalah:

“Tujuan marketing adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau layanannya sesuai dan dijual sendiri.” – Peter F. Drucker

Definisi Drucker menunjukkan bahwa untuk menjadi sukses dalam marketing, Anda perlu benar-benar memahami pelanggan Anda. Anda harus tahu hal-hal seperti usia, pendapatan, jenis kelamin, dan hobi mereka. Intinya adalah detail yang meningkatkan pemahaman Anda tentang audiens Anda. Pengetahuan seperti diatas sangat penting untuk Anda dimiliki, sehingga Anda dapat mengembangkan produk Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka, seperti yang ditunjukkan oleh definisi diatasi, produk Anda harus dijual sendiri.

Apple, Inc. memberikan sebuah studi kasus yang hebat tentang strategi marketing yang sukses. Tim marketing Apple terus-menerus mendengarkan dan berkomunikasi dengan pelanggan mereka dan membuat perangkat tambahan progresif untuk produk mereka berdasarkan umpan balik yang mereka terima. Menurut Anda mengapa begitu banyak orang memiliki beberapa perangkat Apple? Pertama, ada iPod yang hebat untuk musik, tapi kemudian Apple, Inc ingin orang-orang bisa berbicara dengan teman-temannya dan berselancar di Internet, jadi Apple mengembangkan iPhone untuk memenuhi keinginan itu. Apple telah mendengarkan pelanggannya dan telah mengembangkan rancangan produknya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka yang diungkapkan.

Dalam definisi kamus Desain Web, marketing digambarkan sebagai tindakan yang cukup tepat, mengingat semua aktivitas yang dilakukan setiap hari oleh para profesional marketing. Business Dictionary memberikan jawaban yang lebih rinci untuk pertanyaan, “Apa itu marketing?” dan menjelaskan bahwa hal tersebut sedikit lebih rumit daripada hanya mempromosikan produk. Marketing melibatkan penelitian terhadap target audiens, memberi saran kepada klien bagaimana mengembangkan produk mereka agar sesuai dengan keinginan konsumen, menentukan struktur penetapan harga produk, memilih saluran efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda, dan mengembangkan dan menerapkan strategi promosi.

Mari kita gunakan Apple lagi untuk menggambarkan proses ini. Apple merancang produk mereka berdasarkan persepsi mereka tentang keinginan konsumen. Mereka melakukan perbaikan pada perangkat lunak dan perangkat keras, kemudian menetapkan tingkat penetapan harga yang berbeda agar sesuai dengan anggaran pelanggan yang berbeda. Akhirnya, semua produk Apple dijual bersamaan di lokasi yang nyaman dan membuat toko Apple mudah ditemukan. Perusahaan mengiklankan di berbagai media, mulai dari promosi di acara teknologi hingga iklan dan televisi online, untuk menjangkau sebanyak mungkin calon pelanggan.

Berdasarkan definisi marketing diatas, gambaran yang lebih jelas tentang marketing apa yang muncul. Dengan mempelajari marketing secara langsung dengan pakar marketing maka kesempatan besar Anda untuk melihat beberapa agensi marketing terbaik di dalam bertindak.  Jangan lupa bahwa ada lebih banyak marketing daripada sekedar mempromosikan dan menjual produk. Ini tentang mengetahui pelanggan Anda, mengembangkan produk Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan menjaga komunikasi konstan dengan mereka.

About the author

Al Bait

My name Al Bait, the second child of four siblings. Likes to write and surf the internet. Still in college at the private academy of Jakarta majoring in information technology. Has a great desire to move forward and growing.

Leave a Comment