Technology

Wawasan Tentang “Internet of Things”

wawasan-tentang-internet-of-things

“Internet of Things” atau yang lebih dikenal sebagai IoT, telah menjadi topik hangat di mana-mana. Baik itu tempat kerja atau kehidupan di luar pekerjaan. IoT mempengaruhi hidup Anda, entah Anda mengetahuinya atau tidak. Tapi apa sebenarnya Internet of Things? Apa yang membuatnya begitu penting untuk sekarang dan untuk masa depan? Ada banyak percakapan teknis yang hampir sama. Bahkan untuk memahami apa maksudnya, orang perlu memahami dasar-dasar IoT.

Dasar dari IoT adalah nama itu sendiri, Internet. Salah satu kebutuhan di hari ini. Broadband internet telah menyebar seperti air selama dekade terakhir sehingga terjangkau dan umum di mana-mana. Semua perangkat yang datang hari ini dibuat dengan kemampuan Wi-Fi di dalamnya, yang seharusnya memberi Anda gambaran tentang seberapa populer broadband. Dari smartphone Anda sampai ke mobil yang Anda kendarai, sekarang bisa terhubung ke internet. Fenomena ini adalah apa yang dibutuhkan untuk IoT, ‘koneksi’ ke internet.

Koneksi yang kita lihat dan gunakan sehari-hari. Semuanya dari ponsel, mesin cuci, coffee makers, headphone, perangkat yang dapat dipakai dan hampir hal lain yang dapat Anda pikirkan dan dapat terhubung. Menurut sebuah penelitian, akan ada sekitar 26 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020. Semua konsep masa depan yang segera dibahas hari ini sampai melalui IoT, menjadikannya bagian yang tidak bisa terpisahkan dari masa depan. Seperti bangun di pagi hari misalnya, alarm Anda membangunkan Anda pukul 6 pagi dan sekaligus memberitahukan coffee maker untuk mulai menyeduh secangkir kopi. Katakanlah Anda kehabisan persediaan kantor, dengan IoT perangkat Anda akan mengetahuinya dan secara otomatis memesan lebih banyak untuk Anda. Ini adalah sebagian contoh kecil dari potensi IoT.

Potensi dan skala nyata dari IoT dapat dinilai saat kita berbicara tentang kota pintar. Konsep sebuah kota ideal yang berjalan pada efisiensi optimal dan limbah minimal. Ini terlihat secara efektif mungkin dengan IoT. IoT memberi Anda kemungkinan koneksi dan peluang virtual tanpa henti. Tidak mengherankan mengapa hal ini sangat dicari selama 24 jam dalam sehari atau 7 hari dalam seminggu.

Segala sesuatu yang disebutkan di atas memang terdengar menarik dan memikat, ada kekhawatiran berkali-kali khususnya mengenai keamanan. Dengan beberapa serangan oleh hacker pada layanan terkemuka seperti Apple dan Yahoo, itu membuat orang bertanya-tanya seberapa aman akan terjadi ketika secara harfiah semuanya akan terhubung ke internet. Bagaimana informasi pribadi orang akan aman? Mungkinkah hacker hanya meng-hack satu perangkat atau mendapatkan akses ke keseluruhan jaringan? Masalahnya menjadi lebih serius ketika organisasi-organisai merasa was-was atau ketakutan. Ini adalah salah satu argumen yang paling menonjol melawan IoT dan akan terus menjadi solusi yang tepat.

Perhatian lainnya adalah penyimpanan sejumlah besar data yang akan dihasilkan saat begitu banyak perangkat yang terhubung. Ada percakapan terus-menerus di Internet tentang hal-hal di seluruh dunia dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan di sekitar kita. Biasanya ada kesempatan untuk terhubung ke IoT. Untuk saat ini yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah mendidik diri kita sendiri mengenai masalah IoT dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena yang tampaknya mendekatkan kita pada masa depan itu tidak jauh.

About the author

Al Bait

My name Al Bait, the second child of four siblings. Likes to write and surf the internet. Still in college at the private academy of Jakarta majoring in information technology. Has a great desire to move forward and growing.

Leave a Comment