Technology

8 Manfaat Menggunakan Swift untuk Pengembangan iOS

manfaat swift untuk mengembangkan ios

Swift adalah bahasa imperatif berorientasi objek dari Apple. Apple juga memastikan bahwa Swift adalah salah satu bahasa yang paling mudah digunakan dan dibaca. Tidak hanya itu Swift memiliki potensi menjadi bahasa pilihan untuk aplikasi yang user friendly. Penasaran apa itu sebenarnya Swift…? Yuk scroll kebawah…!

Dibawah ini adalah beberapa manfaat penting yang ditawarkan Swift.

Swift App is faster dan safer

Di dunia yang kompetitif, mengembangkan aplikasi seluler yang lebih cepat dan aman ketika digunakan adalah sebuah prioritas. Apple memposisikan Swift sebagai aplikasi tercepat dan teraman untuk digunakan. Untuk memberikan keamanan, Swift meminta crash runtime saat Anda menggunakan variabel opsional nihil. Ketika pengguna menghadapi masalah dan bahkan bisa sedikit berbeda dalam kecepatan, kecelakaan ini akan membuat proses perbaikan bug menjadi lebih mudah, dan inilah yang membuat aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien. Semua poin diatas memberi Swift alasan untuk menjadi bahasa yang aman.

Readability

Swift adalah salah satu bahasa termudah dalam hal keterbacaan. Manfaat utamanya untuk memilih cepat adalah sintaks bersih yang memudahkan membaca dan menulis sambil memberikan manfaat dari Objek C. Swift memerlukan lebih sedikit baris kode untuk menerapkan opsi karena ia menjatuhkan banyak ketentuan lawas, seperti titik koma, garis akhir, atau tanda kurung. Swift adalah pendekatan alami untuk coding karena menyerupai bahasa Inggris polos. Ini membantu programmer dengan pengalaman di JavaScript, Java, Python, C#, dan C ++ untuk mengadopsi Swift ke dalam pemrograman.

Less code & less legacy

Swift adalah bahasa yang kompak. Kode yang kurang berarti pembacaan yang lebih baik. Dengan Objective-C, Swift menyediakan kode yang bebas dari kesalahan untuk mengatasi masalah aplikasi. Dibutuhkan sedikit upaya pengkodean saat menulis laporan berulang atau menyebabkan manipulasi. Saat bekerja dengan Objective-C, Anda harus menggabungkan dua string yang membuatnya panjang. Dengan Swift, Anda hanya perlu menambahkan tanda “+” untuk bergabung dengan dua string.

Maintenance

Tidak mungkin Objective-C berkembang tanpa melibatkan C. Sebaliknya, Swift tidak memiliki ketergantungan ini, yang membuatnya mudah untuk dipertahankan. C menuntut untuk membuat dua file kode untuk memperbaiki waktu pembuatan dan efisiensi kode. Dengan Swift, pemrogram dapat meluangkan waktu untuk memperbaiki kualitas kode, fitur, dan komentar mereka yang didukung.

Baca juga : Wawasan Tentang “Internet of Things”

Open source

Swift dinyatakan sebagai open source, yang terbuka untuk penggunaan di berbagai platform. Open source swift berarti Apple akan mendapatkan umpan balik dari masyarakat jika ada kebutuhan untuk perbaikan berdasarkan kontribusi terhadap keberhasilan bahasa. Swift tidak hanya berkontribusi pada kesuksesan karena dirancang dengan baik, namun juga didukung oleh banyak pengembang. Selain itu, kode Swift lebih nyaman ke platform lain selain Objective-C dan diperkirakan akan berkembang melampaui ekosistem Apple.

Swift supports Dinamic libraries

Perpustakaan dinamis di swift belum mendapat perhatian yang cukup besar yang merupakan rilis utama di iOS. Pustaka dinamis adalah kumpulan kode yang dapat dieksekusi yang dapat dihubungkan ke aplikasi. Fitur ini memungkinkan aplikasi Swift saat ini untuk menautkan ke bahasa Swift versi terbaru seiring dengan bertambahnya waktu. Perpustakaan dinamis di Swift langsung diupload ke memori, mengurangi ukuran awal aplikasi dan meningkatkan kinerja aplikasi.

“Playground” encourages interactive coding

Swift playground telah menghadirkan peluang baru bagi pengembang. Sebab memiliki fitur yang memungkinkan pemrogram menguji algoritma baru tanpa membuat keseluruhan aplikasi. Pemrogram dapat memvisualisasikan data dan melakukan koreksi jika diperlukan bersamaan dengan pengembangan lebih lanjut. Swift and Playground bersama-sama memuji usaha Apple untuk membuat perkembangan lebih mudah dan nyaman.

Built with future of development in mind

Swift code adalah bahasa yang jelas dan ringkas, yang menghasilkan efek positif pada produktivitas pengembang. Swift mengumpulkan semua, dari bahasa pemrograman yang berbeda seperti Python, Go, Ruby dan lainnya. Dibutuhkan banyak elemen dari Objective-C sambil membawa seluruh rangkaian fitur baru, yang memungkinkan pengguna untuk menulis dengan aman menggunakan kode yang andal. Ini telah menjadi salah satu bahasa pemrograman unggulan terbaik untuk membuat aplikasi seluler yang menarik dan mudah digunakan.

Demikian 8 Manfaat Menggunakan Swift untuk Pengembangan iOS. Bagaimana sudah lebih tahu apa itu Swift dan apa saja manfaatnya..? Mudah-mudahan ya..? Eh ya, tapi perlu diingat ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan saat menggunakan Swift untuk pengembangan iOS. Memperhitungkan jumlah fitur termasuk kecepatan, sintaks sederhana, kode yang andal, dan masih banyak lagi. Swift tidak diragukan lagi adalah bahasa pemrograman terdepan terbaik untuk membuat aplikasi iOS yang menarik dan user-friendly. Swift belumlah habis, Apple akan terus memperbaiki dan menambahkan fitur baru di tahun-tahun mendatang.

Lihat juga : “5G” Evolusi berikutnya.

About the author

Al Bait

My name Al Bait, the second child of four siblings. Likes to write and surf the internet. Still in college at the private academy of Jakarta majoring in information technology. Has a great desire to move forward and growing.

Leave a Comment